Senin, 23 April 2012

Ruling Mythbuster : Prohibition

Hi , jensdavion here. Saya sekarang mau memperkenalkan "Rubrik" / "Section" baru di Jet-Ero-Nob-Sol ini. Seperti yang terlihat di judul, nama rubrik baru ini adalah "Ruling Mythbuster". Di sini, kita bisa belajar ruling bersama-sama dengan cara yang agak berbeda.

Dan untuk edisi pertama kali ini, kita akan mencoba membahas soal Prohibition. Penasaran dan sekaligus masih agak bingung dengan ruling dari Prohibition ? Silahkan terus membaca.


When you activate this card, declare 1 card name. Cards with that name and their effects cannot be used. Cards on the field before this card was activated are not affected (including face-down cards).


Mungkin semua orang sudah tahu soal Prohibition. Kartu yang sudah cukup lama beredar, dan sekarang mulai muncul lagi di peredaran. Di YCS Atalanta Februari kemarin, ada 2 duelist yang masuk top 32 dengan membawa Prohibition . Dan trend ini  terus berlanjut bahkan sampai YCS Dallas.

Kenapa Prohibition ?
Bagi duelist yang sudah tahu di mana titik lemah suatu deck, menggunakan Prohibition akan sangat menguntungkan. Declare Hornet untuk Inzektor, Rabbit untuk DinoBunny, Grapha untuk Dark World. 

Ruling Prohibition
Masih ada beberapa orang yang salah sangka dengan Prohibition. Mereka mengira Prohibition melarang kartu dengan sangat extreme. Banyak yang berpendapat kalau kartu yang diprohibit itu tidak bisa diadd, tidak bisa dispecial summon, dan bahkan tidak bisa dijadikan sebagai cost. Padahal, Prohibition memiliki banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh lawan.

========================================================
Okay, Mythbusting Time!
  • Monster yang diban oleh Prohibition tidak bisa mengaktifkan / mengaplikasikan effectnya, tidak peduli di manapun monster itu berada.
CONFIRMED
Monster yang effectnya aktif di Graveyard / Banished Zone / Extra Deck tidak bisa mengaktifkan effectnya . Jadi, monster seperti Necro Gardna atau Plaguespreader Zombie yang berada di graveyard tidak bisa mengaktifkan effectnya ketika mereka diban oleh Prohibition.


  • Kartu yang diban oleh Prohibition tidak bisa digunakan sebagai cost.
BUSTED
Kartu yang diban oleh Prohibition BISA digunakan sebagai cost. Kartu tersebut bisa didiscard, ditribute, atau disend ke graveyard. Meskipun begitu, Monster yang diban oleh Prohibition TIDAK BISA dijadikan Synchro Material ataupun Fusion Material.


  • Monster yang diban oleh Prohibition tidak bisa menyerang.
CONFIRMED
Kartu yang diban oleh Prohibition tidak bisa menyerang.

  • Kartu yang diban oleh Prohibition tidak bisa diadd dari Deck / Graveyard ke hand.
BUSTED
Kartu yang diban oleh Prohibition BISA diadd dari Deck / Graveyard ke hand lewat effect dari kartu lain.


  • Monster yang diban oleh Prohibition tidak bisa disummon sama sekali.
BUSTED
Kartu yang diban oleh Prohibition memang TIDAK BISA dinormal summon. Monster seperti Cyber Dragon ataupun Photon Trasher juga TIDAK BISA dispecial summon lewat condition mereka sendiri. 
Tapi, monster yang diban oleh Prohibition itu BISA dispecial summon lewat effect kartu lain. Sangan di graveyard bisa dibangkitkan dengan Monster Reborn. Tapi perlu diingat bahwa monster yang dispecial summon ini tetap TIDAK BISA mengaktifkan effect maupun menyerang.
Catatan, Monster Fusion atau Ritual yang diban TIDAK BISA disummon dengan Polymerization/Spell ritual dari monster tersebut.


  • Jika Inzektor Hornet diban oleh Prohibition, maka Hornet tidak bisa digunakan sebagai equip.
BUSTED
Inzektor Hornet tetap BISA digunakan sebagai equip lewat effect Inzektor yang lain. Tapi effect Hornet yang destroy tidak bisa diaktifkan, dan effect boost 500 juga tidak bisa diapplied.


Yang terakhir, The Most Unique Myth untuk post kali ini : 
  • Jika Monster yang diban oleh Prohibition dispecial summon lewat effect kartu lain, lalu kemudian menjadi target Forbidden Lance, monster tersebut bisa mengaktifkan effect dan menyerang.
CONFIRMED
Monster yang dispecial summon lewat effect kartu lain dan selanjutnya diForbidden Lance menjadi lepas dari pengaruh Prohibition. Monster Tersebut bisa mengaktifkan effect, dan bisa menyerang selama turn tersebut.
========================================================

Kesimpulan :
Kartu yang diban oleh Prohibition memang tidak bisa diaktifkan / diset, dinormal summon, dispesial summon lewat effect sendiri, dan tidak bisa mengaktifkan effectnya di manapun kartu itu berada. Namun, kartu tersebut tetap bisa "berinteraksi" dengan kartu lain. Bisa digunakan sebagai cost, bisa diadd lewat effect kartu lain, dan bahkan bisa dispecial summon lewat effect kartu lain (meskipun tetap tidak bisa menyerang dan mengaktifkan effect).



Thanks for reading...


Sumber :
- Untuk semua Myth (kecuali The Most Unique Myth ) :

- Untuk The Most Unique Myth :






11 komentar:

  1. admin jens, kalo di set boleh gak ??
    #gak ya ??

    BalasHapus
  2. Gak boleh. Bahkan diset lewat effect Dust Tornado juga ga boleh.

    BalasHapus
  3. taunya darimana itu kartu yg di set bukan yg di prohib...?
    di reveal dulu kah...?

    BalasHapus
  4. Ga reveal dulu. Ya tapi kalo sampe ketahuan pasti kena sanksi.

    BalasHapus
  5. Blognya di update terus ya kak... artikelnya enak dibaca :)

    BalasHapus
  6. kalo grapha gimana?? misalnya di ban ama prohibition

    nah dia bisa SS ga mmelalui effek dari dirinya seniri?

    BalasHapus
  7. Ada di kesimpulan. Kartu yang diban Prohib ga bisa diSS dari effect sendiri.

    BalasHapus
  8. kalo Bestiari kena Prohib, bisa ga dipake buat contact fusion Gyzarus?
    trus, Prisma boleh pake namanya ga buat contact fusion?

    BalasHapus
  9. Bestiari ga bisa dipake buat Contact Fusion. Kalo Prisma nyomot nama Bestiari, ga bisa dipake juga.

    BalasHapus
  10. misal ban alius, masih bisa di add via rota/e-call?

    BalasHapus