Rabu, 16 Mei 2012

Ruling Mythbuster : UNAFFECTED

Pernah baca atau dengar kata "Unaffected" di text sebuah kartu ? Kemungkinan besar pasti pernah. Kalau dicari di search engine Dueling Network, sampai 16/05/2012, ada 34 kartu yang memuat kata itu di textnya. Yang paling terkenal? Saat ini bisa dibilang kalo hanya Forbidden Lance yang bisa sering dilihat, terutama di dalam competitive play.

Select 1 face-up monster on the field. Until the End Phase, it loses 800 ATK but is UNAFFECTED by the effects of other Spell/Trap Cards.

Hampir semua duelist pasti sudah tahu tentang penggunaan Forbidden Lance secara umum untuk menyelamatkan monster dari Spell/Trap (Chain Link 1 Dimensional Prison, Chain Link 2 Forbidden Lance misalnya). Oleh karena itu, kali ini akan dibahas tentang myth-myth lain yang menekankan soal kata "Unaffected" pada Spell/Trap seperti Forbidden Lance ini.

==================================
Okay, Mythbusting Time!
  • Monster yang sedang dipasangi Equip Spell/Trap, jika diForbidden Lance, maka Equipnya akan lepas.
BUSTED
Equip spell/trap yang telah terpasang tidak akan terlepas. Equip 'menempel' ke sebuah monster karena game mechanic, bukan dari effect Equip yang mempengaruhi monster. Tapi, walaupun tidak terlepas, effect Equip yang mempengaruhi monster tetap akan terlepas (misalnya ATK/DEF boost, Attribute Changer, dll)

  • Monster yang berada di bawah pengaruh Continuous Trap yang menarget (misalnya Fiendish Chain), jika diForbidden Lance, akan menjadi "Unaffected" dari Trap tersebut selama 1 turn, tapi effect Trap tersebut akan dire-applied di turn berikutnya
CONFIRMED
Dalam kasus Fiendish Chain vs Forbidden Lance, monster tersebut hanya akan lepas dari Fiendish selama 1 turn, dan Fiendish akan mengekang lagi monster tersebut mulai turn berikutnya.

  • Forbidden Lance tidak berpengaruh terhadap Spell/Trap non-Equip/Continuous yang telah resolve sebelumnya.
CONFIRMED
Dari ruling, jika Forbidden Lance diaktifkan pada monster yang ATKnya sudah dihalve oleh Shrink, ATK monster tersebut tetap pada setengah dan berkurang 800 karena Forbidden Lance.

  • Forbidden Lance tidak berpengaruh terhadap lingering effect dari Spell/Trap.
CONFIRMED
Lingering effect adalah effect bawaan yang terjadi setelah initial effect dari suatu kartu resolve dan sent to graveyard. Misalnya kita mengaktifkan Swing of Memories untuk Special Summon 1 normal monster. Effect kedua dari Swing yang menghancurkan di End Phase inilah yang disebut lingering effect. Forbidden Lance tidak bisa menghentikan lingering effect semacam ini (Limiter Removal, Rekindling, dll)


dan The Most Unique Myth untuk kali ini adalah :
  • Monster yang berada di bawah pengaruh Forbidden Lance bisa dinegate effect / activation of effect nya.
BUSTED
Tyrant Temper (effectnya membuat monster jadi "Unaffected" terhadap trap) punya ruling yang menarik soal ini.
"If your opponent uses Divine Wrath to negate the effect of one of your monsters on the field while Tyrant's Temper is active, that monster’s effect will not be negated and the monster won’t be destroyed. "
Jadi, sebagai contoh, Judgment Dragon yang diForbidden Lance, aktivasi efeknya TIDAK BISA  dinegate dan sekaligus tidak bisa dihancurkan oleh Divine Wrath. Myth ini sebenarnya yang menjadi inti dari post kali ini. Kata "Unaffected" tidak hanya menyebabkan monsternya terbebas dari pengaruh Spell/Trap, tapi effectnya juga tidak bisa dinegate Spell/Trap.

==================================
Kesimpulan :
(Sebenarnya sudah ditulis sebelumnya) Kata "Unaffected" pada Forbidden Lance tidak hanya menyebabkan monster menjadi terbebas dari pengaruh Spell/Trap,  tapi juga membuat effectnya menjadi tidak bisa dinegate (alias invulnerable).

Thanks for reading....


Sumber : 
Untuk The Most Unique Myth :


2 komentar:

  1. sekedar menambahkan...untuk yg terakhir kalo di negate oleh selain spell/trap masih bisa..

    BalasHapus