Senin, 20 Januari 2014

YCS Sydney Final - Match Analysis

Sebelumnya, tolong baca dulu Feature Matchnya di site ini...

======================================================

"imbo gile Dsummon"
"Emg jago bgt gile ni orang.."
"Supeeer sekali"


Beberapa komen di atas langsung disadur dari facebook, menggambarkan sedikit hype yang muncul karena DSummon menang YCS. Pertama, DSummon termasuk public figure di dunia YGO dan yang kedua ,excessive love dia untuk Machine. Karena mungkin banyak yang udah tahu soal ini, langsung saja kita skip ke topik utama.

"Well Said DSummon, Well Said~"
Di post ini, saya akan ngomentarin setiap play dan setiap turn dari Final Match YCS Sydney ini. Kenapa ? 



Pertama, saya Karakuri player. Karakuri (the pure one) adalah deck yang cara mainnya beda tiap orang. Makanya, saya mau mencoba ngeliat match ini dari sudut pandang seorang DSummon


Kedua, banyak suara-suara di social media yang bilang kalau Game 2 DSummon epic. "Lawan 1st turn Pachy + 3 set, tapi masih bisa menang". 

Ketiga, setelah baca feature match, saya diskusi dengan beberapa orang, dan lucunya ada beberapa pendapat berbeda yang muncul dari tiap play apa yang bisa dilakuin DSummon atau Chris. 

Decklistnya DSummon

==============================================
Sedikit Petunjuk untuk Post ini :
DS (H) -> Kartu apa aja yang ada di hand DSummon
DS (F) -> Kartu apa aja yang ada di field DSummon
OP (H) -> Kartu apa aja yang ada di hand Chris
OP (F) -> Kartu apa aja yang ada di field Chris

=============================================
[Game 1]
DSummon won the die roll and decided to go first.
DS (H) : Inashichi, Kuick, Redox, Iron Call, Instant Fusion, Ninishi
DS (F) : 0

It becomes...
DS (H) : Kuick, Redox, Iron Call, Saizan
DS (F) : Cyber Saurus, Ninishi, Inashichi

Sebenarnya dengan summon (Cyber Saurus, Ninishi, Kuick) tetep bisa jadi 3 Bureido, tapi obviously ga akan dapat +1 dari Inashichi

Beberapa play kemudian...
DS (H) : Kuick, 3 unknown cards (drawn from Bureido's effect)
DS (F) : 3 Bureido, Beast 

Sampai di sini, saya setuju dengan DSummon

DS (H) : Kuick, 3 unknown cards 
DS (F) : Bureido, Felgrand, Beast, 1 Set Spell/Trap (later known to be a Fiendish Chain)


What.. Why ? Why Felgrand ? Sampai sekarang saya ga ngerti kenapa DSummon ga ngebiarin aja 3 Bureido + 1 Beast. Kenapa ? Soalnya ada Beast dan Fiendish . Dan considering lawannya itu Fire Fist, si Chris bisa ngapain ? 


(Please enlighten me if I'm wrong. Comment di post ini ya seandainya Fire Fist punya play yang 'ampuh' dan DSummon memang harus summon Felgrand)

Kalau DSummon ngebiarin 3 Bureido, next turn paling ga +2  (+2 kalo lawan ada Compulse, kalo ga ada +3) 

Okay, lanjut ke turn 2...
OP (H) : Tenki, 
OP (F) : set Gorilla, 4 sets (Warning, 2 Fiendish, Compulse)

DS (F) : Bureido , Felgrand, Beast, 1 set Fiendish
DS (H) : Kuick, 3 random cards

Play "YMGL" dari OP. Tapi, tetap aja Spell/Trap yang diset itu powerful Traps dan bukan bluff

Turn 3...
DS (F) : KUICK, Bureido(Def), Felgrand, Beast, 1 set Fiendish
DS (H) : 5 random cards

OP (F) : set Gorilla, 4 sets (Warning, 2 Fiendish, Compulse)
OP (H) : Tenki

At this moment, DSummon bisa dicurigai punya Psyqualia. Who in their right mind mau summon Kuick vs 4 traps, padahal ga ada Trap Stun. Kalau salah satu dari 4 itu Torrent, walaupun DSummon handnya masih 5, tapi Bureido 3 udah ke grave (advantagenya jadi advantage palsu). However, bukannya sadar, dia malah lanjut berserk mode. Masuk Battle Phase, dan "menang" di turn itu

Di Battle Phase turn 3, walaupun set lawan ada 4, IMO tetep aja kalah resource. Jadi, saya rasa ga ada gunanya mikirin semua kombinasi Fiendish/Warning/Compulse. The moment Kuick disummon DSummon (pun intended), dan the moment dia declare attack, chance dia menang jadi hampir pasti karena berhasil confirm lawan ga ada Torrent / Mirror.

Ta-tapi.. who in their right mind would do it ? Ngebayangin aja bisa merinding (belum lagi kalau faktor pressure dan faktor final kita pertimbangin) .. Props to DSummon for that huge amount of courage

=========================================
YCS Sydney Prize

[Game 2]

Honestly, menurut saya, play DSummon di game 1 lebih menarik dari game 2. Karena, walaupun menangnya serasa lebih epic, sebagian besar dari kita pasti setuju DSummon menang di game 2 hanya karena 1 kartu. Trap. Stun. Variasi play yang bisa diambil di game 2 juga lebih sedikit. Namun, ada point play yang menarik di game ini buat saya.

OP (H) : MST, Dust Tornado, Wolfbark, Tenki, Pachy, Fiendish
OP (F) : 0

It becomes...
OP (H) : Wolfbark, Bear
OP (F) : Pachy, Tenki , 3 sets (MST, Dustor, Fiendish) 

Sekali lagi, standard play, dan menurut saya memang ga ada play yang lebih bagus dari ini. 

Turn 2...
DS (H) : Nishipachi, BTH, Instant Fusion, Trap Stun, Nisamu, MST
DS (F) : 0

OP (F) : Pachy, Tenki , 3 sets (MST, Dustor, Fiendish) 
OP (H) : Wolfbark, Bear

Kondisi setelah end of turn 2...
DS (H) : Nishipachi, Instant Fusion
DS (F) : Nisamu (Fiendished), set Trap Stun

OP (F) : Pachy, Tenki , Fiendish 
OP (H) : Wolfbark, Bear

Saya lumayan setuju keputusan DSummon untuk summon Nisamu dan attack Pachy (meski akhirnya kena Chain). Keep Nisamu di hand dan tunggu combo pieces yang lain memang keliatannya lebih safe daripada gambling nerjang 2 backrow. Tapi, obviously combo pieces tersebut nanti ga akan bisa jalan karena Pachy. 

Walaupun beberapa turn kemudian DSummon menderita dari hasil gambling ini, menurut saya it's worth the risk.

End of Turn 3...
OP (H) : Wolfbark, Bear
OP (F) : Bear, Pachy, Tenki, 1 set (

DS (F) : set Trap Stun
DS (H) : Nishipachi, Instant Fusion


End of Turn 4...
DS (H) : Nishipachi, Instant Fusion
DS (F) : set Trap Stun, Instant Fusion

OP (F) : Bear, Pachy, Tenki , 1 set spell/trap
OP (H) : Wolfbark, Bear

End of Turn 5...
OP (H) : Wolfbark, Bear, 1 kartu random
OP (F) : Bear, Pachy, Tenki, Gyokkou, 1 set spell/trap

DS (F) : set Trap Stun
DS (H) : Nishipachi, INSTANT FUSION (bluff) (locked)

LP DSummon sekarang 3500. Coba Chris mau confirm bluff DSummon itu Mirror atau bukan di turn ini.

End of Turn 6  
DS (H) : Nishipachi, Instant Fusion, Kuick
DS (F) : set Nishipachi, Instant Fusion (locked), 2 sets (Instant Fusion + Trap Stun)

OP (F) : Bear, Pachy, Tenki, Gyokkou, 1 set spell/trap
OP (H) : Wolfbark, Bear, 1 kartu random

Final bluff dari DSummon. Kenapa DSummon pake acara buang-buang advantage? Nishipachi diset padahal ada Bear + Tenki...

Karena Kuick. Kalo Nishipachi ga dibuang ke grave, next turn Kuick cuma bisa revive Nisamu

Dan next turn, opponent udah terlalu nyaman dengan lead dia. Dari sekian banyak resource dan sekian banyak kemungkinan play, jalan yang diambil cuma attack pake Bear, ambil Tenki, dan ambil Gorilla. Memang keliatannya leadnya cukup jauh, tapi... 

Turn 8 dan seterusnya ga tertarik saya ceritakan karena basically itu cuma karena Trap Stun (plus luck DSummon untuk draw Kuick dan Overwork).
============================================
Dengan post ini, saya sama sekali ga bermaksud untuk ngebash DSummon, atau mau bilang bahwa saya > dia. (Hell No.. I'm the worst at remembering gamestate and too lazy to think almost all the time. Terbukti dari kasus "buka Solemn Judgment saat Decree sendiri lagi face-up")

Congrats sekali lagi untuk DSummon, thanks for the inspiration.

Thanks juga buat yang baca, CYA!

1 komentar: